Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 16 No 1: Januari 2021

Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Satu Atap Negeri 11 Sigi

Fatma Fatma (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Mansur (Bagian PIAUD, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi, dan 2. untuk mengetahui implikasi game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun Game online yang dilakukan peserta didik di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi adalah Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG), Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS), Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS), Massively Multiplayer Online Browser Game, dan Simulation Games. 2. Adapun Dampak game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi adalah Dapat mengetahui kemampuan belajar Peserta didik. Dapat mengukur kemampuan belajar Peserta didik, Dapat mengetahui kemampuan mengajar guru. Dapat mengetahui hasil belajar Peserta didik.

Copyrights © 2021