Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 1 (2021): Science, Conservation, and Biology Education

STUDI LITERATUR PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Inovasius Minggu (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar)
Rusdianto Rusdianto (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar)
Alin Liana (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing merupakan cara pembelajaran yang sudah lama digunakan. Namun belum banyak peneliti yang mengkaji model pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Artikel ilmiah dikoleksi melalui Google Scholar. Hasil studi literatur yang dihimpun menunjukkan bahwa penelitian tentang model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di Indonesia dilakukan antara tahun 2012- 2020, dengan penelitian terbanyak pada tahun 2015. Penelitian ini paling banyak dilakukan di Provinsi Jawa Timur, yaitu sebanyak 4 peneliti. Subjek penelitian paling banyak dilakukan pada tingkat SMA yaitu sebanyak 6 penelitian. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing bersesuaian untuk semua materi Biologi. Dalam proses pembelajaran, model ini diketahui membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih efektif, siswa lebih mudah menerima informasi, dan hasil belajar siswa sangat signifikan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi baik di jenjang pendidikan SD, SMP, maupun SMA.Kata Kunci: Studi literatur, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar Biologi.

Copyrights © 2021