Jurnal Mahasiswa TEUB
Vol 9, No 2 (2021)

DESAIN PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR BLDC MENGGUNAKAN PI CONTROLLER DENGAN VARIASI TORKA BEBAN

Claudio Bryllian Adam Z. (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
Rini Nur Hasanah (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
Tri Nurwati (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

ABSTRAK Mobil lisrik saat ini sangat dibutuhkan untuk menanggulangi global warming akibat emisi mobil konvensional. Agar mobil listrik dapat digunakan oleh masyarakat maka penggerak berupa motor listrik haruslah memiliki kemampuan yang sama dengan mesin pada mobil konvensional. Pada penelitian ini akan didesain sistem penggerak dari motor BLDC dimana bagian kontrolernya akan digunakan teknik SVPWM untuk inverter 3 fasa, serta menggunakan PI controller sebagai pengendali kecepatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan motor BLDC. Penelitian dilakukan dengan mengukur parameter pada motor BLDC yang digunakan sebagai penggerak utama mobil listrik. Kemudian parameter tersebut digunakan sebagai data input untuk menjalankan simulasi. Dalam simulasi, kecepatan dan torka akan diubah step by step sampai dengan nilai nominalnya dan dicatat nilai arus, back EMF, serta daya keluaran pada setiap perubahannya. Selanjutnya adalah menganalisis parameter keluaran ketika nilai torka ditingkatkan dari nilai nominalnya tanpa mengubah kecepatan. Kata Kunci – Mobil Listrik, Motor BLDC, pengendali PI. ABSTRACT Electric car is currently needed to overcome global warming due to conventional car emissions. So that electric car can be used by public, electric motor must have same performance as the engine in conventional car. In this research, driving system of  BLDC motor will be designed where the controller will use SVPWM technique for the 3-phase inverter, and PI controller as speed controller. The goal is to improve performance in the form of BLDC motor. Research was carried out by measuring  parameters of BLDC motor which is used as  prime mover of electric car. Then, parameters are used as input to run simulation. From simulation, speed and torque will be changed step by step until their nominal value. Current, back EMF, and power are recorded for each change. Next step is to analyze the output parameter when the torque increase from it’s nominal value without changing the speed.   Keywords – Electric Car, BLDC Motor, PI controller.

Copyrights © 2021