Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL

Prestasi Belar : Ditinjau Dari Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa

Nila Restu Wardani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Akhmad Poniali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh 88 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan karakter (X1), dan motivasi belajar (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel prestasi belajar IPS (Y). Variabel motivasi belajar memiliki kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar IPS yakni sebesar 0,194. Variabel pendidikan karakter dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar IPS sebesar 57,8%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...