Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL

Pengaruh Keterampilan Profesional, Interaksi Sosial Dan Motivasi Kerja: Pengaruh Terhadap Kinerja Guru

Nila Restu Wardani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Muafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama antara keterampilan profesional, interaksi sosial dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Sub Rayon 07 Kabupaten Pasuruan. populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 guru yang berasal dari SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Metode pengambilan sampel dengan teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterampilan profesional guru (X1), interaksi sosial X2), dan motivasi kerja (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kinerja guru (Y). Variabel interaksi sosial memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru yakni sebesar 0,028. Variabel keterampilan profesional, interaksi sosial, dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 69,2%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...