Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (b) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (c) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (d) pengaruh pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Raden Fatah sejumlah 53 siswa. Model Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji asumsi klasik analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (a) Ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (b) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (c) ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (d) ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa secara bersama- sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Raden Fatah pelajaran 2019/2020. Selain itu orang tua dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa serta terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sebaik – baiknya.
Copyrights © 2021