Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Mts. Raden Fatah Tahun Pelajaran 2019/2020

Mat Rosit (Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (b) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (c) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (d) pengaruh pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Raden Fatah sejumlah 53 siswa. Model Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji asumsi klasik analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (a) Ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (b) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (c) ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah, (d) ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MTs. Raden Fatah Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa secara bersama- sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Raden Fatah pelajaran 2019/2020. Selain itu orang tua dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa serta terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sebaik – baiknya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...