ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Pengaruh Keterampilan Motorik di Sekolah dan Rumah terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Indriasih, Aini (Unknown)
Sumaji, Sumaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketrampilan motorik di rumah dan sekolah terhadap kreatifitas anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Subjek penelitiannya  siswa  kelompok A yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data tes dan oobservasi. Sebelum dilakukan analis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analis data dalam penelitian ini dilakukan pengujian signifikansi Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 29,529 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Niali signifikansi F hitung lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Motorik di Sekolah (X1), Motorik dirumah (X2) berpengaruh terhadap kreatifitas siswa, (2) pengaruh Motorik di Sekolah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X1= 0,850 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di Sekolah berpengaruh positif pada kreatifitas siswa. (3) pengaruh Motorik di rumah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X2= 0,110 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di siswa berpengaruh positif pada kreatifitas siswa.

Copyrights © 2021