Humano: Research Journal
Vol 12, No 1 (2021): PERIODE JUNI

DARI BAHASA GALELA KE BAHASA TERNATE (STUDI TENTANG PERGESERAN BAHASA PADA MASYARAKAT TUTUR BAHASA GALELA DI DESA LEMO-LEMO)

Dahrun Sarif (Universitas Khairun)
Umar Hi. Rajab (Universitas Kharun)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pergeseran bahasa yang terjadi pada masyarakat tutur  bahasa Galela di desa Lemo-Lemo. Pergeseran bahasa pada masyarakat Lemo-Lemo merupakan suatu fenomena sosiolingusitik yang terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah bilingualisme, multiilngualisme, migrasi dan  kontak bahas (language contact). Faktor-Faktor ini saling terkait satu sama lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  metode kualitatif deskriptif.  Metode ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran bahasa dari bahasa Galela ke bahasa Ternate. Etnis Galela di desa Lemo-Lemo tidak lagi menggunakan bahasa Galela tetapi bahasa Ternate.  Namun demikian, di antara mereka masih mengetahui bahasa Galela dengan baik. Bahasa Ternate kemudian menjadi bahasa utama (b1) bagi masyarakat Lemo-Lemo. Pergeseran bahasa  ini  disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu migrasi, kontak bahasa, presetise bahasa dan sikap bahasa.  Ranah pergeseran nampak pada hampir semua ranah komunikasi, yaitu ranah keluarga, formal maupun sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

humano

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Humano: Jurnal Penelitian (HJP) adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun yang memuat tentang hasil riset di bidang ilmu noneksakta atau sosial humaniora meliputi aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, hukum dan budaya. HJP ...