LingTera
Vol 7, No 2 (2020)

Keefektifan pembelajaran berbasis neuro linguistic programming dalam menulis argumentasi

Abdul Haliq (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan keterampilan menulis paragraf argumentasi berdasarkan metode NLP pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-post test non-equivalent control group design. Peneltian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Makassar. Yang menjadi populasi yaitu keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 352 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tugas menulis paragraf argumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan stattistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menulis paragraf argumentasi berbasis NLP dengan pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t independen (independent sample test)  dan diperoleh nilai t-hitung = 4,263 dengan signifikansi atau p-value = 0,000. Karena nilai p-value = 0,000 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi berbasis NLP dengan pembelajaran menulis paragraf argumentasi menggunakan metode ceramah dan penugasan. Dengan demikian, pembelajaran berbasis NLP efektif digunakan dalam keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar.  The effectiveness of neuro-linguistic programming on learning writing arguments Abstract: This study aims to examine the effectiveness of argumentation writing skills based on the NLP method at the tenth-grade students of SMA Negeri 11 Makassar. This was an experimental study. The research design used is the pretest-posttest non-equivalent control group design. This research was carried out in SMA Negeri 11 Makassar. The population was all the tenth-grade students which were 352 students. The sampling technique used was the purposive sampling technique. The selected samples were class X-1 as an experimental class and class X-2 as a control class. The instrument used in this study was an exercise on writing argumentative paragraphs. The collected data was then analyzed using descriptive and inferential statistics. The results showed that there was a significant difference between learning of writing argumentative paragraph based on the NLP method and the lecturing and assignment methods. This was indicated in the results of hypothesis testing from the independent t-test (independent sample test) of inferential analysis where the value of t-count obtained was 4.263 and the significance or p-value was 0.000. Because the p-value was 0.05, it can be concluded that there was a significant difference between the learning of writing argumentative paragraph based on the NLP method and the lecturing and assignment methods. Thus, NLP-based learning was effectively used in writing argumentation paragraph for the tenth-grade students of SMA Negeri 11 Makassar.

Copyrights © 2020