Tanra : Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
Vol 8, No 2 (2021): Mei - Agustus

Pemanfaatan Video Streaming sebagai Media Pemasaran pada Fitur Shopee Live

Adya Mulya Prajana (Telkom University)
Aisyi Syafikarani (Telkom University)
Nisa Eka Nastiti (Telkom University)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Perkembangan e-commerce pada saat ini semakin pesat. Dengan pasar Indonesia yang cukup besar menjadikan penyedia layanan e-commerce berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Shopee Live adalah sebuah fitur baru pada platform Shopee yang memungkinkan penjual untuk membuat sesi live streaming mempromosikan toko dan produk secara langsung kepada calon pembeli. Apabila diamati lebih lanjut video-video tersebut mempunyai karakteristik verbal dan visual yang dapat dibaca pola dan strateginya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji audio dan visual yang terdapat dalam rekaman video live streaming pada tab (putar ulang) Shopee Live. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan matrix SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat diadapatasi oleh para penjual yang memanfaatkan video streaming sebagai media pemasaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanra

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal TANRA ini diterbitkan 3 kali diterbitkan untuk mengembangkan keilmuan dan keprofesian desain komunikasi visual dengan segala aspek keilmuannya. Desain komunikasi visual, desain komunikasi visual dan komunikasi, desain komunikasi visual dan teknologi informasi. Artikel yang dikelola dengan ...