AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 2 (2021)

BAGAIMANA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE?

Mayya Shofa Mahfud (Unknown)
Mardiyana Mardiyana (mardiyana@staff.uns.ac.id)
Laila Fitriana (Faculty of Teacher Training and Education, UniversitasSebelas Maret, Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep berdasarkan gender pada saat pembelajaran online yang bertempat di SMP Negeri 2 Patebon. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan Subjek dengan purposive sampling. Data di peroleh dengan memberi soal kepada siswa kemudian  melakukan wawancara secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan Siswa laki-laki cenderung ceroboh, namun memiliki keyakinan yang tinggi bahwa jawabannya yang dimilikinya sudah benar, dan memiliki pemahaman matematika lebih cepat. Siswa perempuan memiliki emosi yang berlebihan sehingga dalam memahami konsep matematika dibutuhkan waktu, dan memiliki rasa cemas yang lebih ketika dihadapi dengan masalah matematika. Indikator pemahaman konsep yang belum tercapai adalah siswa dapat menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu atau algoritma pada pemecahan masalah. Perempuan memiliki pemahaman konsep kurang dibandingkan dengan laki-laki, namun laki-laki memiliki tingkat kecerobohan yang tinggi dibandingkan perempuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...