Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 8, No 2 (2020)

PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yoana Kristiyani (Universitas Lampung)
Feriansyah Sesunan (Universitas Lampung)
Ismu Wahyudi (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi phyphox pada materi getaran harmonis berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pringsewu. Sampel yang digunakan pada penelitian kelas X MIPA 4, berjumlah 30 siswa. Desain pada penelitian adalah One Group Pretest-Postest. Pembelajaran dilakukan dengan praktikum menggunakan alat berbantuan phyphox berbasis inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes tertulis dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami kenaikan sebesar 44% dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi dan hasil uji paired simple T-test diperoleh nilai sig kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi phyphox.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...