Edukasi Kultura
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL EDUKASI KULTURA

INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERMUATAN BLENDED LEARNING UNTUK SISWA SMP/MTS

Lita Sentiana Hutapea (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan instrumen asesmen keterampilan menulis teks cerpen dan teks fabel dan mendeskripsikan hasil uji reliabilitas produk instrumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan adaptasi O’Malley dan Pierce (1994). Ada empat produk dalam penelitian ini yakni (1) tugas menulis autentik teks cerpen, (2) panduan guru menulis untuk teks cerpen, (3) tugas menulis autentik teks fabel, dan (4) panduan guru untuk menulis teks fabel. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) produk instrumen asesmen teks cerpen mendapatkan nilai korelasi dan (2) produk instrumen asesmen teks fabel mendapatkan nilai korelasi. Nilai korelasi yang diperoleh produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel artinya produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan model Blended Learning pada teks cerpen, dan (2) menghasilkan model Blended Learning yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Proses Pengembangan model Blended Learning mengacu pada model pengembangan ADDIE.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...