Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 2 (2020): Communication in the Times of Covid-19

Komunikasi Pemasaran Politik Dalam Pemenangan Pilkada Kabupaten Bangka Periode 2018-2023

Suryani Suryani (Program Studi Ilmu Komunikasi, STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka)
Septiar Andrilaransyah (Program Studi Ilmu Komunikasi, STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Untuk memahami bagaimana komponen komunikasi pemasaran politik yang terintegrasi saling melengkapi sebagai salah satu faktor dalam pemenangan sebuah suksesi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka, maka perlu dideskripsikan secara kuantitatif komponen-komponen terpadu dari komunikasi pemasaran politik tersebut. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemenangan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangka Pasangan calon Mulkan-Syahbudin berdasarkan dari 368 sample responden ditentukan oleh variabel komunikasi pemasaran politik yaitu sebesar 65% dan sisanya yaitu sebesar 35% disumbang oleh variabel lainya seperti partai pendukung, kredibilitas dan lain-lain. Dan indikator dari komunikasi pemasaran politik yang dilakukan oleh tim kampanye paslon terpilih tersebut, ditemukan bahwa komponen word of mouth (WOM) menyumbang nilai terbesar dalam memberikan pengetahuan dan keyakinan untuk memilih terhadap pasangan calon terpilih yaitu sebesar 77%, kemudian disusul oleh corporate identity sebesar 72%, merchandising sebesar 68%, publisitas/hubungan masyarakat (publicity/public relations) sebesar 66%, periklanan (advertising) sebesar 63%, point of purchase communication (POP) sebesar 61%, penjualan perorangan (personal selling) sebesar 58% dan media internet sebesar 56%. Hasil penelitian semacam ini berguna untuk tim kampanye dan partai pendukung agar dapat memaksimalkan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran politik yang sifatnya lebih personal dengan melibatkan forum-forum masyarakat dalam menyentuh tingkat dasar kepentingan khalayaknya yaitu perasaan dibutuhkan dan didengarkan sebagai bentuk partisipasi dalam pembangunan politik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi encompasses scholarship on communication and media studies. It disseminates the latest research, development, critical thinking and knowledge contribution on communication process and how it entangles with the development with media, particularly social media advancement. This ...