Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2021): Juli

Bahan Ajar Berbantuan Adobe Flash Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Rekonsiliasi Fiskal

Sani, Noviana Adzania (Unknown)
Susanti, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam tercapainya cita- cita nasional bangsa Indonesia. Oleh karenanya, kurikulum senantiasa mengalami perubahan untuk memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian pengembangan ini guna menghasilkan bahan ajar kontekstual berbantuan adobe flash sesuai kurikulum 2013 saat ini. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian model 4D dari Thiagarajan dimana meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, desain, pengembangan, serta penyebaran. Namun karena terkendala waktu dan terhalang biaya tidak dilakukan sampai tahap penyebaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini dari para ahli meliputi ahli materi, ahli grafis, dan ahli bahasa untuk mengetahui proses pengembangan  dan kelayakan bahan ajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian yang didasarkan pada perhitungan-rata- rata validasi ahli materi, ahli grafis, dan ahli bahasa bahan ajar mendapat kategori sangat layak dengan nilai 86,82 %, sehingga bahan ajar siap digunakan dan mendukung dalam proses belajar mengajar di SMK. Kriteria sangat layak yang menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar siap diuji cobakan kepada peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...