Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2021): April

Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa

Rahayu, Siti (Unknown)
Pahlevi, Triesninda (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh mengakibatkan kegiatan belajar mengalami banyak perubahan utamanya pada media pembelajaran. Banyak institusi pendidikan menggunakan media berbasis e-learning guna mendukung pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode quasy experimental dengan bentuk non-equivalent control grup design, dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian berjumlah 105, dan sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, tes serta dokumentasi. Sedangkan intrumen penelitian berupa soal pretest posttest. Analisis data melalui statistik deskriptif, uji homogenitas, uji normalitas, uji-t (hipotesis) dan analisis gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 86,72 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 73,75. Peningkatan nilai pada kelas eksperimen (28,13) lebih tinggi dari nilai kelas kontrol (18,59). Pada pengujian hipotesis melalui uji-t diperoleh t-hitung=3,518 yang mana lebih besar dari t-tabel=1,998. Sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa pada kelas X OTKP.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...