Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 2, No 1 (2020): Second Prosiding Conference on Research and Community Services

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS. DARUL ULUM KEPUHDOKO

Sylvia Emifiana (STKIP PGRI Jombang)
Abdul Rozak (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Kepuhdoko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik survey sebanyak 52 orang siswa dari kelas VII MTs. Darul Ulum Kepuhdoko. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 20 terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi  klasik dan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis analisis data yang digunakan yaitu uji t dan regresi linear berganda.  Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Besar sumbangan kepercayaan diri dan uji kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 78,6% dan sisanya 21,4% di pengaruhi oleh variabel lain selain kepercayaan diri dan kemandirian belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...