Pengajaran Bahasa merupakan hal yang utama dalam proses pembelajaran. Hal ini mencakup penggunaan Bahasa, kosakata, cara penyampaian sebab keseluruhannya merupakan pesan yang ingin disampaikan dari pembicara kepada pendengar. Tujuan pengajaran Bahasa adalah mampu meningkatkan kualitas berbahasa dengan baik, terutama dari segi kemampuan berbicara. Pemerolehan Bahasa adalah proses manusia mendapatkan kemampuan menangkap, menghasilkan, dan menggunakan kata untuk pemahaman dan komunikasi. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa di SDN Pulo Lor 4 Jombang adalah rendahnya minat dan antusiasme siswa sehingga pemerolehan Bahasa siswa tidak sesuai dengan harapan Guru. Penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dipakai guru, proses pembelajaran yang kurang menarik, dan metode yang dipakai Guru kurang merangsang keaktivan siswa atau bersifat konvensional. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru dan siswa, peneliti akan mengujicobakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Di SDN Pulo Lor 4 Jombang. Mind Mapping adalah strategi dalam pengajaran yang berusaha mengaktifkan otak kanan dan otak kiri bekerja secara seimbang, cara mencatat kreatif, efektif, dan secara harfiyah akan memetakan pikiran-pikiran. Mind Mapping adalah suatu model pembelajaran yang memiliki langkah-langkah sistematis. Tujuan penggunaan Mind Mapping adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerolehan Bahasa pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan pemerolehan bahasa bagi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pulo Lor 4 Jombang yang berjumlah 17 siswa. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti. Sumber data dan informasi dalam penelitian diambil dari aktivitas siswa, angket respon siswa dan didukung dengan wawancara kepada informan yang dipilih. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pada pertengahan semester genap setelah dilakukan observasi awal. Prosedur dalam penelitian ini meliputi : persiapan, studi/survey awal, pelaksanaan pembelajaran, wawancara, kemudian pengolahan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan pemerolehan bahasa siswa menggunakan metode mind mapping. Respon dan antusias siswa terhadap pembelajaran juga meningkat. Didukung dengan kreativitas siswa yang meningkat searah dengan kegiatan siswa saat membuat peta konsep bahasa bersama kelompok.
Copyrights © 2020