Asy-Syarikah : Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 1 (2021): Asy-Syarikah Volume 3 Nomor 1 Maret Tahun 2021

IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PEDAGANG ISLAM DALAM TRANSAKSI AKAD BAY’ AL-SALAM

Salfianur (Unknown)
Nurwahida (Unknown)
Srianti Permata (Unknown)
Muhammad Ikbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Etika Bisnis Islam merupakan serangkaian aktivitas bisnis ataupun usaha dalam berbagai bentuknya yang tidak dapat dibatasi jumlah kepemilikan harta baik berupa barang/jasa termasuk profitnya, untuk mencapai kemaslahatan dalam berbisnis ataupun bertransaksi dapat dihindari berbagai masalah pelanggaran etika terjadi sebab aturan halal dan haram. Adapun pokok permasalahan bagaimana implementasi etika bisnis pedangang islam dalam transaksi akad jual beli, bay’al-salam serta penerapannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis Metode induktif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan penerapan etika bisnis adalah dengan mengambil keputusan dan tindakan yang berdasarkan kesadarannya menjauhi penipuan, berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadist Nabi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asy-syarikah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam memuat seputar masalah lembaga keuangan, ekonomi, dan bisnis baik bersifat konvensional maupun syariah. Dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September setiap tahun. Fokus bidang ...