Asy-Syarikah : Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 1 (2021): Asy-Syarikah Volume 3 Nomor 1 Maret Tahun 2021

PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MUSLIM TERHADAP KINERJA USAHA KECIL (STUDI PADA USAHA KULINER DI KOTA MAKASSAR)

Muhammad Akbar Akbar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Misbahuddin (Unknown)
Abd Wahab (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of Islamic Financial Literacy and Muslim Entrepreneurial Behavior partially and simultaneously on Business Performance in Culinary Business in Makassar City. This research is categorized as a quantitative descriptive study with a population of 279 culinary businesses registered at the Makassar City Cooperatives and SME Service with a sample of 74 culinary businesses. The data obtained by distributing questionnaires with a Likert scale. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that partially and simultaneously the variables of Islamic Financial Literacy (X1) and Muslim Entrepreneurial Behavior (X2) had a positive and significant effect on the performance of small businesses (Y) in the culinary business in Makassar. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Kewirausahaan Muslim secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Usaha pada Usaha Kuliner di Kota Makassar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan populasi sebanyak 279 usaha kuliner yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM kota Makassar dengan sampel penelitian sebanyak 74 usaha kuliner. Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel Literasi Keuangan Syariah (X1) dan Perilaku Kewirausahaan Muslim (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil (Y) pada usaha kuliner di kota Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asy-syarikah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam memuat seputar masalah lembaga keuangan, ekonomi, dan bisnis baik bersifat konvensional maupun syariah. Dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September setiap tahun. Fokus bidang ...