Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat 9 siswa memiliki self-efficacy tinggi, 21 siswa memiliki self-efficacy sedang dan 4 siswa memiliki self-efficacy rendah. Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik. Keywords: Self-Efficacy, Kooperatif Tipe Jigsaw
Copyrights © 2020