Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020

Analisis Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Dewi Purnama Sari (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)
Amran , (Mahasiswa Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat 9 siswa memiliki self-efficacy tinggi, 21 siswa memiliki self-efficacy sedang dan 4 siswa memiliki self-efficacy rendah. Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik. Keywords: Self-Efficacy, Kooperatif Tipe Jigsaw

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...