Tanggon Kosala
Vol. 1 No. 2 (2012): Tanggon Kosala (October, 2012)

PENGGUNAAN MODUL PADA STIK-PTIK DI LEMBAGA AKPOL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MULTIMATERI

Doyin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2012

Abstract

Kerjasama STIK-PTIK dan Akpol antara lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas polisi di Indonesia. Peningkatan kualitas ini diawali dengan prosespendidikan yang harus dilaksanakan. Konsekuensi perubahan ini tentu saja harus diikuti oleh unsur-unsur yang terkait di dalamnya, salah satunya adalahmodel pembelajaran. Mengingat semakin banyaknya materi yang harus dikuasai oleh para taruna, secara hipotetis modul dapat digunakan dalam prosesbelajar mengajar pada STIK-PTIK di Lembaga Akpol. Modul adalah bahan ajar mandiri. Dalam hal ini para taruna dituntut untuk belajar mandiri melaluipanduan modul. Keuntungan penerapan modul antara lain dalam waktu yang relatif singkat, materi ajar yang bisa disampaikan cukup banyak. Dengandemikian, kekurangan waktu tidak akan dialami dalam proses belajar-mengajar. Dengan menggunakan modul, taruna dapat mengatur waktu secara mandiritanpa harus bergantung kepada proses tatap muka. Kemandirian taruna dengan demikian akan semakin terlatih. Kepercaraayan diri, kesungguhan, motivasi,kreativitas, serta kekritisan juga dapat diwujudkan melalui pembelajaran dengan menggunakan modul.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

tanggonkosala

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Tanggon Kosala (ISSN 2087-0043) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Kepolisian Republik Indonesia yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian ataupun artikel ulasan berkaitan dengan Kajian Ilmu Kepolisian dalam berbagai perspektif keilmuan. Jurnal ini diharapkan menjadi ...