Tanggon Kosala
Vol. 2 No. 1 (2013): Tanggon Kosala (April, 2013)

MENJADIKAN KETELADANAN SEBAGAI ROH PENDIDIKAN KARAKTER DI AKPOL

Pristiwanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2013

Abstract

Cita-cita bangsa sebagaimana tertuang dalam tujuan pendidikan nasional tersebutmerupakan perwujudan nilai moral bangsa yang harus tertanam dan mengakar dalampola hidup berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Oleh karena itu, pendidikankarakter menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pola pembinaan anak-anak atau generasi muda, baik yang dilakukan di lingkungan keluarga, lembaga pendidikan formal, maupun di lingkungan masyarakat luas. Di tiga lingkungan inilah karaktergenerasi mendatang akan terbentuk. Pendidikan karakter tidak saja merupakantuntutan undang-undang dan peraturan pemerintah, tetapi juga oleh agama, bahkanjuga oleh masyarakat itu sendiri. Setiap agama pastilah mengajarkan karakter atauakhlak pada pemeluknya. Oleh karena itu, semua unsur yang ada dalam masyarakatmemiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelenggarakan pendidikan karakter iniagar nantinya terbentuk masyarakat yang berkarakter luhur. Meskipun demikian,pelaksanaan pendidikan karakter bangsa ini memerlukan berbagai perubahan dalampelaksanaan proses pendidikan yang terjadi di lembaga pendidikan pada saat sekarangini. Perubahan yang diperlukan tidak harus mengubah kurikulum yang berlaku tetapimenghendaki sikap baru dan keterampilan baru dari para penyelenggara pendidikan.Sikap dan keterampilan baru tersebut merupakan persyaratan yang harus dipenuhi(condito sine qua non) untuk keberhasilan implementasi pendidikan karakter bangsa.Benteng yang harus kita siapkan itu adalah keteladanan. Keteladanan menjadi pentinguntuk mengarahkan generasi ke depan agar berjalan sesuai dengan garis yang kitakehendaki, yakni garis yang telah ditetapkan oleh tujuan pendidikan nasional.Pendidikan karakter di lembaga pendidikan formal, termasuk di Akpol, juga harusdilaksanakan melalui pengelolaan keteladanan ini. Ketika semua urusan lembagapendidikan dari hari ke hari dikelola dengan dilandasi oleh pelaksanaan nilai-nilaikarakter, lembaga pendidikan akan menjadi komunitas yang berkarakter. Lembagapendidikan akan menjadi tempat di mana nilai-nilai karakter dilaksanakan dan lembagapendidikan akan menjadi tempat bagi setiap peserta didik membiasakan berperilakuberkarakter. Keteladanan merupakan alat pendidikan karakter yang paling baik. Olehkarena itu, mendasarkan pendidikan di atas dasar keteladanan merupakan langkah yangpaling tepat. Para ahli mengatakan bahwa karakter tidak bisa diajarkan, hanya bisaditeladankan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

tanggonkosala

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Tanggon Kosala (ISSN 2087-0043) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Kepolisian Republik Indonesia yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian ataupun artikel ulasan berkaitan dengan Kajian Ilmu Kepolisian dalam berbagai perspektif keilmuan. Jurnal ini diharapkan menjadi ...