Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan
Vol 5, No 1 (2019): Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan

Pengaruh Learning Approach dan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Terhadap Nilai Ujian Akhir Blok di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati

Sinta Denok (Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati)
Catur Setya Sulistiyana (Unknown)
Tissa Octavira Permatasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

ABSTRAKLatar Belakang: Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran, salah satunya adalah learning approach dan kecemasan. Learning approach sendiri dapat mempengaruhi kecemasan dan keadaan cemas dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian sehingga dapat mempengaruhi nilai ujian. Tujuan: Menganalisis hubungan antara tingkat kecemasan dan learning approach dengan hasil nilai UAB pada mahasiswa kedokteran Unswagati. Metode: Penelitian analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon yang mengikuti ujian UAB, dengan besar sampel 221 mahasiwa dilakukan uji statistik untuk menganalisis hubungan learning approach dan kecemasan dalam menghadapi nilai ujian UAB.Hasil: Terdapat hubungan bermakna antara learning approach terhadap nilai UAB dengan kekuatan hubungan cukup kuat (0.557), serta terdapat hubungan bermakna antara kecemasan terhadap nilai UAB dengan kekuatan hubungan kuat (0.785). Pengaruh antara learning approach dan tingkat kecemaan terhadap nilai UAB sebesar 68.3% dengan learning approach (47.1%) dan tingkat kecemasan sebesar (16.2%) sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhi nilai UAB. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach dan tingkat kecemasan dengan nilai UAB.Kata Kunci: Learning approach, kecemasan, UAB.ABSTRACTBackground: There are several factors influencing medical students learning achievement, such as the learning approach and anxiety. However, the learning approach it self can influence the anxiety, which then can be barrier for cognitive function. It affects the performance during the test, so that it can influence the test score. Aim: To analyze the correlation between the anxiety level and learning approach toward the score of End-Blok Test (EBT) achieved by medical students in Swadaya Gunung Jati university, Cirebon. Method: This research was analytical observation along with cross sectional research design. Samples of this research were 221 undergraduate students in Medical Faculty, Swadaya Gunung Jati university, Cirebon, who attented the BFE test. Findings: There was a significant the correlation analysed using learning approach and the EBT score in which the correlation was strong (0.557), and there was also a significant correlation between anxiety and the EBT score along with the strong correlation (0.785). The influence between learning approach and the level of anxiety to EBT value of 68.3% with learning approach (47.1%) and anxiety level (16.2%) the rest influenced by other factors that affect the value of EBT. Conclusion: There is a significant correlation between learning approach and anxiety level toward the score of EBT.Keywords: Learning approach, anxiety, EBT

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tumed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Tunas Medika : Jurnal Kedokteran & Kesehatan adalah jurnal Ilmiah yang memuat naskah publikasi Ilmiah di bidang Kedokteran dan Kesehatan yang meliputi bidang Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Biomedis serta Pendidikan Kedokteran.Tunas Medika : Jurnal Kedokteran & Kesehatan merupakan memuat publikasi ...