Sentra Cendekia
Vol 2 No 1 (2021)

Penerapan Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ichsan Kenjeran Kota Surabaya

Ida Rachmayanti (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia)
Sunanto Sunanto (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia)
Nanang Rachman Saleh (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia)
Mahmudah Mahmudah (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran tematik terintegrasi kurikulum 2013 (kurtilas) dengan menggunakan tema dan model permainan tradisional sebagai salah satu pembelajaran yang menyenangkan, aktif, efektif, dan bermakna bagi anak didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam pembelajaran tematik terintegrasi terhadap hasil belajar tema “diriku”. Peneliti memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian diperoleh anak-anak mampu mengasah kemampuannya untuk membuat strategi di dalam bermain boy-boyan.Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam mengembangkan motorik kasar anak didik kelompok B di TK Al-Ichsan Kenjeran kota Surabaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...