Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisa pengaruh variabel penggunaan metode ceramah dan media slide presentasi terhadap motivasi belajar mahasiswa baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan analisa regresi linier sederhana dan analisa regresi linier ganda. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel penggunaan metode ceramah (X1) terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa (Y) sebesar 21.25% dengan koefisien korelasi sebesar 0.46 yang menunjukkan adanya hubungan positif yang cukup, artinya dengan semakin baik penggunaan metode ceramah maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi. Terdapat pengaruh variabel penggunaan media slide presentasi (X2) terhadap motivasi belajar mahasiswa (Y) sebesar 17.72% dengan koefisien korelasi sebesar 0.42 yang menunjukkan adanya hubungan positif yang cukup, artinya dengan semakin baik penggunaan media slide presentasi maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi. Terdapat pengaruh simultan yang signifikan variabel penggunaan metode ceramah (X1), penggunaan media slide presentasi (X2) terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa (Y) sebesar 27.82% artinya dengan semakin baiknya penggunaan metode ceramah, media slide presentasi maka motivasi belajar mahasiswa akan semakin tinggi.
Copyrights © 2021