Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM)
Vol 3, No 2 (2020)

ANALISIS KINERJA PRODUKSI INSTALASI PENGOLAHAN AIR I PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) BANDARMASIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX)

Parhani Parhani (Universitas Islam Kalimantan MAB)
Muhammad Marsudi (Universitas Islam Kalimantan MAB)
Idzani Muttaqin (Universitas Islam Kalimantan MAB)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Abstrak-PDAM merupakan Badan usaha milik daerah yang termasuk dalam kategori pelayanan jasa dengan tugasnya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Sebagai instansi pemerintahan yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat, maka untuk melihat kualitasnya dilihat dari proses kinerjanya dalam penyedia air bersih dalam produksi instalasi pengolahan air . Kinerja di sebuah perusahaan sangat penting dibutuhkan, terutama dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih pada bagian produksi instalasi pengolahan air. karena dengan adanya kinerja, Perusahaan dapat mengukur sejauh mana perkembangan usaha yang sudah dijalankan karyawan sesuai tanggung jawab masing.masing. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja yang ada dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih pada bagian produksi Instalasi Pengolahan Air. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitiannya adalah penggunaan metode Objective Matrix (OMAX) pada perhitungan bahan baku utama, bahan baku pendukung, tenaga kerja, jam kerja dan tenaga listrik pada Perusahaan Daerah Air Minum. Kata kunci: Kinerja produksi, PDAM Bandarmasih, Metode Objective Matrix (OMAX).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jieom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) merupakan Jurnal Ilmiah Teknik Industri yang diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan November. Bidang fokus Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) adalah sebagai berikut : ...