Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 5, No 1 (2019): Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan

TARI SALENDANG DALAM PERTUNJUKAN INDANG TAGAK JORONG SAMPU NAGARI LUBUK GADANG UTARA KEC. SANGIR KAB. SOLOK SELATAN PROV.SUMATERA BARAT

Ade Sukaesih (Institut Seni Indonesia Padangpanjang Jl. Bahder Johan Padangpanjang 27128 Sumatera Barat)
Ninon Syofia (Prodi Seni Tari-Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Padangpanjang Jl. Bahder Johan Padangpanjang 27128 Sumatera Barat)
Hartati Hartati (Prodi Seni Tari-Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Padangpanjang Jl. Bahder Johan Padangpanjang 27128 Sumatera Barat adeoppo95@g.mail.com)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tari Salendang dalam pertunjukan kesenian Indang Tagak di Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan Propinsi Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan analisis. Teori yang digunakan sebagai kerangka dasar adalah teori bentuk oleh  Y Sumandiyo Hadi dan teori fungsi oleh James R. Brandon yang dikutip oleh Soedarsono. Tari Salendang dalam pertunjukan kesenian Indang Tagak merupakan satu kesatuan struktur yang tidak bisa dipisahkan. Tari Salendang ditampilkan pada akhir rangkaian pertunjukan kesenian Indang Tagak, untuk memberi tanda bahwa pertunjukan tersebut akan berakhir. Tari Salendang dengan  menggunakan salendang sebagai property memiliki keunikan pada keahlian penari dalam memainkan salendang dan sebagai tarian hiburan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Lagalaga

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Sinopsis : terbit dalam dua kali setahun. Jurnal Laga-Laga merupakan Jurnal Ilmiah Berkala tentang Seni Pertunjukan pengelolaan Jurnal Laga-Laga berada di dalam lingkup Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni ...