TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2019): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Lisnawati Lisnawati (Universitas Negeri Makassar)
Syamsuardi Saodi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menyimak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Bangkala, Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok  A2 dengan jumlah anak didik 15 orang dengan 2 orang guru. Objek penelitian adalah kemampuan menyimak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi yang diambil pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak Anak Usia 4-5 Tahun TK Negeri Pembina Jeneponto dapat ditingkatkan. Hasil observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan Siklus I kemampuan menyimak kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 5 anak dan pada Siklus II kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 12 anak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan media boneka tangan pada  anak usia 4-5 tahun dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada Anak Usia 4-5 tahun  TK Negeri Pembina Bangkala Kabupaten Jeneponto.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang memuat tentang hasil pemikiran dan penelitian terkait pendidikan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademis bagi para ahli, peneliti dan praktisi pendidikan terkait dengan ...