Jurnal PkM: Pemberdayaan Masyarakat
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat

PENDAMPINGAN GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR CALISTUNG BERBASIS MONTESSORI DI TK

Andri Anugrahana (PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Montessori percaya, bahwa sebenarnya anak-anak mampu mengajari diri mereka sendiri. Guru perlu menata atau menyiapkan lingkungan (prepared environment) dan memberikan kebebasan pada anak. Hal inilah yang peneliti temukan dalam observasi di sekolah. Guru TK sebagai tenaga pendidik anak usia dini memiliki peran yang penting yaitu sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut kreatif dalam merancang ataupun melakukan pembelajaran. Apalagi kondisi pandemi covid-19 saat ini menuntut guru lebih kreatif untuk melakukan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar kreatif adalah dapat dengan menggunakan ataupun memanfaatkan lingkungan yanga da di sekitar. Untuk menggali potensi sumber dan media pembelajaran yang ada di lingkungannya agar dapat membelajarkan muridnya secara berkualitas. Agar dapat jadi fasilitator yang baik guru TK diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan dalam mengembangkan desain dan pembuatan media pembelajaran sehingga guru dapat menjalankan perannya dengan baik. Oleh karena penulis akan memberi Pelatihan Pembuatan media calistung dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PkMLP3K

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This journal holds publications from all midwives in science, both in the fields of education, arts and humanities, engineering, computers, and social ...