Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa media game edukasi yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa SMAN 2 Bireuen kelas IX. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan uji hipotesis korelatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang memanfaatkan media game edukasi kahoot!. Selain itu motivasi siswa dalam pembelajaran berkategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan media game edukasi yang dikembangkan adalah layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021