Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 2 No. 1 (2021)

Perancangan Alat Peraga Tumbukan Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Berbasis Multirepresentasi

Nurul Tri Rahayu (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Umi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Tumbukan dua buah benda merupakan salah satu konsep fisika yang membutuhkan visualisasi dan kemampuan multirepresentasi yang baik untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) proses perancangan alat peraga tumbukan, dan (2) kelayakan alat peraga tumbukan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (deseminate). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) pengujian alat peraga dengan massa 0,02 kg diperoleh ralat momentum sebelum tumbukan (2,41±0,13) kg.m/s dan setelah tumbukan (2,37±0,16) kg.m/s dengan nilai koefisien restitusi sebesar 0,98, pada massa 0,04 kg ralat momentum sebelum tumbukan (4,41 ±0,25) kg.m/s dan setelah tumbukan (4,35±0,31) kg.m/s dengan nilai koefisien restitusi 0,97, pada massa 0,06kg ralat momentum sebelum tumbukan (5,66±0,41) kg.m/s dan setelah tumbukan (5,63±0,44) kg.m/s dengan nilai koefisien restitusi 0,99 dan rerata eror pada alat peraga sebesar 6,21%. (2) Hasil validasi oleh ahli media diperoleh rerata skor 3,35 dengan kategori baik, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rerata skor 3,37 dengan kategori baik, dan hasil validasi soal multirepresentasi diperoleh rerata skor 3,08 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data, alat peraga tumbukan menggunakan sensor Ultrasonik HC-SR04 berbasis multirepresentasi telah memenuhi aspek kelayakan valid, sehingga dapat digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...