Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 2 No. 1 (2021)

Perancangan Alat Peraga Momen Kelembaman Bola Pejal Berbasis Multirepresentasi dengan Sensor Garis

Farida Nur Anisah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Umi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Pembelajaran gerak melingkar pada subab momen kelembaman kebayakan pembelaran teori dalam bentuk teori, kurangnya domain psikomotor dari teori ke praktek sehingga mahasiswa kurang memahami konsep pada materi momen kelembaman. Desain penelitian pengembangan dan eksperimen fisika. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhamadiyah Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi alat peraga, lembar validasi buku panduan dan petunjuk, lembar validasi soal berbasis multirepresentasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil pengujian alat peraga penentuan momen kelembaman bola pejal pada kelereng diperoleh nilai K untuk jarak tetap 3 meter sebesar (0,415 ± 0,057), untuk jarak 2 meter sebesar (0,414 ± 0,057), dan untuk jarak 1 meter (0,405 ± 0,056). Hasil pengujian alat pada bola bekel diperoleh nilai K untuk jarak tetap 3 meter sebesar (0,566 ± 0,060), (0,570 ± 0,056) untuk jarak 2 meter sebesar, dan untuk jarak 2 meter sebesar ( 0,596 ± 0,071). (2) hasil validasi alat peraga penentuan momen kelembaman pada ahli materi sebesar 3,26 dengan presentase 82% termasuk kedalam kategori baik, pada ahli media sebesar 3,28 dengan presentase 83% termasuk kedalam kategori baik, dan validasi soal berbasis multirepresentasi memperoleh skor 2,92 dengan presentase 73% termasuk kedalam kategori baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...