Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi menggunakan media audio visual pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Penemur. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Penemur tahun pelajaran 2019/2020yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: (1) pelaksanaan dalam pembelajaran membaca puisi menggunakan media audio visual berjalan sangat baik, hal ini terlihat dari keaktifan guru dan siswa pada siklus I 72% dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori sangat baik. (2) Meningkatnya jumlah nilai siswa yaitu pada siklus I nilai keseluruhan siswa yaitu 1730, nilai tertinggi 85, nilai terendah 55 dan nilai rata-rata 69,2. Meningkat pada siklus II dengan jumlah nilai keseluruhan 1975, nilai tertinggi 100, nilai terendah 60 dan nilai rata-rata 79. Siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus I sebanyak 18 siswa atau 72% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 22 siswa atau 88% dengan ketegori sangat baik. Jadi, peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16%. (3) Rekapitulasi hasil wawancara respon siswa dengan jawaban ke enam responden menunjukan angka 80% dan termasuk “kriteria sangat senang”. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual ini dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.Kata kunci: Kemampuan Membaca Puisi, Media Audio Visual
Copyrights © 2020