DEDIKASI: Community Service Reports
Vol 3, No 2 (2021): DEDIKASI: Community Service Report

Pelatihan Pengelolaan Kelas Daring yang Kreatif dan Inovatif melalui Google Classroom

Henry Aditia Rigianti (Unknown)
Puguh Ardianto Iskandar (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ari Wibowo (Unknown)
Budiharti Budiharti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Kualitas pembelajaran masa pandemi belum optimal, hal ini dapat dilihat pembelajaran belum sepenuhnya mengimplementasikan pengelolaan kelas melalui media daring. Maka dari itu, guru diharapkan mampu mengimplementasikan pembelajaran kreatif dan inovatif melalui google classroom. Adanya fenomena pembelajaran daring tersebut, guru Bersama pengabdi beerjasama melakukan pelatihan secara tatap muka dengan memerhatikan protokol kesehatan secara ketat. Pelatihan pengelolaan kelas pada pemanfaatan google classroom dilalkukan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1, Yogyakarta. Adapun sebanyak 22 orang, baik dari guru maupun pengabdi melakuan pelatihan pada bulan Mei 2021. Teknik-teknik yang digunakan dalam tindakan ini, antara lain, memberikan informasi tentang pemanfaatan google classroom, membuat kelas, mengunggah materi, membuat presensi, dan evaluasi tugas siswa. Dari hasil survei diketahui bahwa terdapat 85% pendidik memanfaatkan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran online dan 15% pengajar memanfaatkan aplikasi google classroom. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 23.5% guru mengatakan mudah, 64.7% sedang dan 11.8% susah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science Mathematics Mechanical Engineering Physics Social Sciences Other

Description

DEDIKASI: Community Service Reports publishes reports on the research dissemination and community services. It is our interest to elaborate the method applied during the research dissemination and the implications of the implementation to the process, understanding, and community social economic ...