Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 2, No 1 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA

Metrilitna Br Sembiring (Universitas Islam Sumatera Utara)
Dhia Octariani (Universitas Islam Sumatera Utara)
Isnaini Halimah Rambe (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika terhadap keterampilan metakognitif siswa. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 siswa di salah satu SMA swasta di kota Medan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini eksperimen semu. Desain yang digunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa pada akhir pembelajaran. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dan uji Homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pemebalajaran matematika berpengaruh positif terhadap keterampilan metakognitif, hasil ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linier ganda: Y =. Model Pembelajaran Problrm based learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dengan regresi dengan thitung = 11,385 dan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05.  Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa. Koefisien determinasinya adalah r2 = 0,400.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...