Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Vol 9, No 1 (2021): Februari

Rekonstruksi 3D Untuk Model Wajah Virtual Akademik Menggunakan Sensor Kinect 2

Siti Sofia Rani (Universitas Ahmad Dahlan)
Adhi Prahara (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Massive multiplayer online game (MMOG) seperti world of warcraft, aion atau second life telah mendapatkan perhatian luar biasa pada perkembangan game vitual. Salah satu kelebihan MMOG pada game virtual setiap player dapat berkomunikasi secara langsung yang di wakili dengan karakter visual tiga dimensi. MMOG juga mendukung grafik permainan pada komputer hingga permainan yang digunakan menggunakan karakter visual tiga dimensi menjadi terlihat nyata.Penelitian ini memanfaatkan alat sensor kinect 2 dan Microsoft Kinect yang membantu untuk merekam avatar tiga dimensi yang dapat dipersonalisasikan. Dari perkembangan alat sensor yang bernama Kinect 2 sensor dapat mempermudah rekontruksi 3D untuk model wajah pada avatar game virtual dan di proses menggunakan teknik modeling 3D hingga visual dari hasil sensor Kinect 2 menggambarkan tampak nyata dari player dalam bentuk visual.Penelitian ini menghasilkan rekontruksi 3D untuk model wajah pada avatar game virtual akademik menggunakan sensor Kinect 2. Hasil pengujian SUS untuk uji modelling dan visual avatar 3D menghasilkan nilai rata-rata 41,6 dari sekala 5, maka masuk kategori acceptable yang artinya aplikasi dapat diterima. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSTIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) ...