Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN KONSEP GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Nurbaiti Nurbaiti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Meriyati Meriyati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Fredi Ganda Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Anova Satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...