Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK N 1 KECAMATAN GUGUAK

M Vikri Ramadhan (Teknik Sipil)
M Giatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Abstrak―Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pmbelajaran yang digunakan guru belum sejalan dengan krakteristik mata plajaran dan sulitnya siswa dalm memahami materi, sehingga berdampakk kepada hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh modell pembelajaranb Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Mekanika Tekniik kelas X Jurusan Teknik Kontruksi dan Properti SMK N 1 Kecamatan Guguak. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian eksprimen semu (Quasi Experiment), yamgg merupakan pengembangan dari rancangan penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rncangan penelitian The Non Equivalent Control Group. Populasi pada penelitian tersebut adalahh siswa kelas X TKP SMKN 1 Kecamatan Guguak berjumlah 40 orang, yaitu kelas X DPIB 22 orang dan Kelas X BKP 18 orang. Uji instrumenn dlakukan di SMK N 1 Kecamatan Guguak, pada Kelas X DPIB B dan X BKP B dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian pretest dan postest, hasiil belajar siswa padaa kelas ekperimen dan kelas kontrol akan menjadi data yang digunakan pada penelitian. Analisis data penelitian menggunakan rumus uji prbedaan dari dua rata-rata (t-test). Berdasarkan pada perhitungan hipotesis t-test diperoleh thitung (5,20) > ttabel (2,025) menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil dari penelitian ini mnunjukkan bahwa terdapat pengaruhhmmodel ppmbelajaran Numbered Head Together (NHT) trhadap hasilq belajar Mekanika Teknik kkelas X Jurusan Teknik Knstruksi dan Properti SMK N 1 Kecamatan Guguak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...