Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH DI SMK NEGERI 5 PADANG

Yulindo Pranata (Teknik Sipil)
Fitra Rifwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Abstrak: Permasalahan pada penelitian ini adalah belum optimalnya hasil capaian belajar siswa pada pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Hal ini diduga karena disiplin belajar siswa yang masih kurang baik saat mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Instrumen penelitian berupa angket pernyataan peserta didik. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 5 Padang sebanyak 57 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah sebesar 15,8%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...