Home industry “INYAK” merupakan salah satu produsen makanan ringan, yang memproduksi keripik kentang. Ibu Fitri Madonna sebagai pemilik keripik kentang “INYAK” yang berlokasi di Piai Tanah Sirah kota Padang, dalam kegiatan usahanya menghasilkan produk keripik kentang yang dikemas dalam kemasan namun kemasan yang digunakan masih terbilang sederhana yaitu menggunakan plastik bening yang biasa dipakai oleh beberapa home industri. Penjualan keripik kentang “INYAK” masih menggunakan kemasan yang sangat sederhana. Hal ini menjadi faktor penghambat pemasaran keripik kentang. Home industry “INYAK” memiliki target penjualan sebanyak 100 kg/ minggu. Namun, data penjualan yang diperoleh dari home industry “INYAK” dalam tiga bulan terakhir yaitu sebanyak 480 kg, sementara target penjualan yang harus dicapai sebanyak 1200 kg dalam tiga bulan. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian terkait desain kemasan untuk membantu meningkatkan pemasaran keripik inyiak. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), dalam metoda ini akan dilakukan pengukuran suara konsumen terhadap kondisi kemasan keripik kentang saat ini dan pengukuran harapan serta kebutuhan konsumen terhadap kemasan keripik kentang home industry “INYAK“. Hasil penelitian menunjukan rancangan kemasan keripik “INYAK” sudah representatif dimana terdapat pada kemasan memenuhi suara dan harapan konsumen diantaranya fitur pada kemasan yang lengkap berisi tentang nama usaha, komposisi produk, alamat usaha dan gambar pendukung produk serta desain yang lebih ergonomis. Dengan adanya desain kemasan yang representatif ini menunjukan penigkatan produksi keripik kentang sebanyak 150 kg/ minggu.
Copyrights © 2021