Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 3 No. 2 (2021): JPDK

Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender

Meliana Safitri (Universitas PGRI Madiun)
Hani'atul Mukharomah (Universitas PGRI Madiun)
Syaikhotun Nakhlahul Dzahabiyyah (Universitas PGRI Madiun)
Febri Listianadewi (Universitas PGRI Madiun)
Linggar Riski Palupi (Universitas Madiun PGRI)
Supratiwi Nursatamala (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil angket yang disebar secara random kepada siswa SMP kelas VII mengenai kesulitan yang dihadapi oleh siswa mengenai materi yang dihadapi. Dalam angket tersebut prosentase paling banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu pada materi aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada angket yang disebarkan secara random ada 13 responden yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan serta diambil 2 siswa responden laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk diteliti lebih lanjut. Dari 3 soal yang diberikan ditemukan beberapa kesulitan yang dibagi menjadi 3 indikator kesulitan yaitu: 1) kesulitan dalam mempelajari konsep, 2) kesulitan dalam menerapkan prinsip dan 3) kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal. Pada siswa laki-laki tidak ditemukan kesulitan pada indikator 1 dan 2 sedangkan siswa perempuan pada indikator 1 dan 3. Rata-rata siswa laki-laki kesulitan dalam hal hasil akhir dan pada siswa perempuan kesulitan dalam mengaplikasikan konsep yang sudah diajarkan. Hal ini dipengaruhi salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik otak laki-laki dan perempuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...