Jurnal Infomanpro
Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INFO MANPRO

STUDI ALTERNATIF STRUKTUR ATAS JEMBATAN DENGAN BALOK GIRDER PRATEGANG TIPE I: (Studi Kasus : Jembatan Langgaliru Kecamatan Umbu Ratunggay Kabupaten Sumba Tengah)

Yustika Hubertha Haning (Institut Teknologi Nasional Malang)
Ester Priskasari (Institut Teknologi Nasional Malang)
Mohammad Erfan (Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman dan mengingat semakin meningkatnya volume lalu lintas kendaraan yang akan melewati Jembatan Langgaliru, maka perlu direncanakan alternatif struktur atas Jembatan Langgaliru dengan menggunakan balok girder prategang.Bentuk penampang balok girder yang digunakan pada perencanaan adalh balok girder tipe I. Pemberian tegangan dilakukan dengan metode Pasca Tarik (Post-Tensioning) dimana compressive force diinduksi ke dalam struktur beton dengan menggunakan high strength steel tendon yang dipasang dalam ducts embedded dalam beton. Tendon distressing setelah beton dicor dan dicuring sampai kuat tekan beton yang disyaratkan. Jumlah tendon yang digunakan 3 buah yang masing-masing tendon terdiri dari 15 untaian(strand).Tulangan Geser yang digunakan adalah D 19 – 250,penghubung geser yang digunakan adalah D 19 – 700,pulangan pecah ledak arah vertikal yang digunakan adalah D 10 – 550,tulangan pecah ledak arah horizontal yang digunakan adalah D 10 – 550, Tulangan Pecah Gumpal arah vertikal yang digunakan adalah D 36 – 60,tulangan pecah gumpal arah horizontal yang digunakan adalah D 36 – 240.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

infomanpro

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Transportation

Description

Infomanpro Journal is a publication media of research results in the field of Civil Engineering and sub-fields of structure, geotechnical engineering, transportation, construction management, and water resources. This journal is published regularly as much as 2 volumes per year in June and ...