ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2021): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi ICT (Information, Comunication And Technology) atau Web-Based Learning Bagi Pengajar di SDIT Darul Mu’minin

Puji Astuti (Universitas Indraprasta PGRI)
Ida Fitriani (Universitas Indraprasta PGRI)
Yossi Indrawati Syuhardi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2021

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru sebagai salah satu sumber daya manusia tentunya memegang peranan penting akan keberhasilan dan keefektifan sebuah pendidikan. Keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran, tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuannya (komptensi guru) dalam menguasai materi yang akan disampaikan. Belajar tersebut awalnya dilakukan dalam sebuah pembelajaran langsung atau tradisional yang belum menggunakan alat atau media pembelajaran melalui aplikasi ICT (Information, Comunication and Technology). Akan tetapi dengan berkembangnya ICT memunculkan berbagai pembelajaran secara online atau web-school atau cyber-school yang menggunakan fasilitas internet mengundang banyak istilah dalam pembelajaran. Banyak definisi tentang pembelajaran yang menggunakan internet, seperti, online learning, distance learning, web-based learning dan, e-learning. Model pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran terdiri atas 4 tahapan instruksional, yakni tahapan satu (presenting information) dan tahapan kedua (guiding the learner) menggunakan pembelajaran tatap muka (face to face learning), sedangkan tahapan ketiga (practicing) dan tahapan keempat (assesing learning) menggunakan pembelajaran berbasis web (web-based learning). Kata Kunci : Aplikasi, ICT , Media Pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...