Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif
Vol 2, No 2 (2021)

PENYULUHAN DAN PEMAHAMAN PEMASARANPRODUK YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA UMKM MERTA YASA, BAMBU MAS, DESA BELEGA, KABUPATEN GIANYAR, DENPASAR, BALI

Lismiatun Lismiatun (Universitas Pamulang)
Juwita Ramadani Fitria (Universitas Pamulang)
Bambang Purnomo Yanuarso (Universitas Pamulang)
Hira Maulida (Universitas Pamulang)
Selvy Dwi Widiyanti (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu TriDharma Perguruan Tinggi. Selain itu agar para penggerak bisnis UMKM dapat meningkatkan pemasaran dan membantu semua Program Pemerintah untuk masyarakat sekitar terutama dalam memberdayakan keaktifan anggotanya berwirausaha mengembangkan potensi wilayah terutama di lingkungan masyarakat Desa Belega, guna meningkatkan kesadaran untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik lagi. Metode kegiatan yang digunakan adalah kami melakukan survey dengan mendatangi lokasi serta melakukan wawancara dan observasi kepada pemilik UMKM UD Merta Yasa, Desa Belega, Kabupaten Gianyar, Denpasar, Bali dan menyampaikan maksud akan memberikan pelatihan pada tanggal 1-3 Maret. Pelatihan ini bertujuan agar para anggota dan pemilik UMKM Merta Yasa dalam pengembangan usaha UMKM atau Usaha Rumahan ini mampu berkembang yang tentunya harus didasari dengan memiliki pengetahuan manajemen yang baik. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan dan pengalaman para anggota dan pemilik UMKM Merta Yasa yang selama ini masih minim tentang pemasaran, promosi, manajemen keuangan, suply chain, inventory dan pemanfaatan teknologi digital sehingga mereka memiliki pandangan yang lebih baik lagi tentang pentingnya meningkatkan keilmuan mereka sebagai wirausahawan atau enterepreneur sehingga mampu menciptakan produk unggulan yang berkualitas agar mampu menembus pasar global. diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda, baik dilingkungan sekolah, kampus, masyarakat dan keluarga. Pelatihan tersebut juga diharapkan tidak hanya berpedoman pada hasil saja melainkan juga pada proses sehingga masyarakat mampu mempertahankan dan juga meningkatkan kualitas dari produk jualannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLKK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Lokabmas Kreatif : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak ...