INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Vol. 2 No. 1 (2021): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi

Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau)

Samsurijal Hasan (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan guncangan ekonomi yang berdampak pada perekonomian global dari level makro hingga menyentuh level mikro global. Pandemi ini juga telah menentukan banyak kebijakan ekonomi dan politik, misalnya, pemutusan hubungan kerja dan aturan untuk tinggal di rumah selama pandemi ini. Di sisi lain, hal ini menyebabkan menjamurnya industri makanan rumahan baru yang menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran. Kondisi ini terjadi akibat sulitnya industri makanan konvensional beroperasi dan meningkatnya pengangguran. Industri makanan online lebih disukai karena minimnya risiko produksi dan kemudahan pemasaran. Pemasaran online melalui media sosial dipilih karena merupakan metode pemasaran yang menggunakan media elektronik dengan biaya rendah, efisien dan berdampak luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pemasaran online untuk meningkatkan pendapatan perusahaan; Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran online; dan Memberikan rekomendasi alternatif dalam strategi pemasaran online untuk diterapkan di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menetapkan bahwa media sosial merupakan media pemasaran yang efektif untuk mempromosikan Produk UMKM, kemudian jenis media sosial, jenis produk dan target pasar bersifat linier dan empiris, artinya setiap jenis memiliki perlakuan dan pendekatan yang spesifik. Keywords: UMKM, Media Sosial, Bauran Promosi, Target Pasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

invest

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in September 2020. The ...