JESA
Vol 5 No 2 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

Penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Sikap Sensitif Terhadap Lingkungan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Wawan Eka Setiawan (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kurnia Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 yang dilakukan secara home visit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap sensitif terhadap lingkungan siswa sebagai pengaruh dari penggunaan model pembelajaran STM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pre-eksperimental, dengan desains penelitian one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar obervasi untuk mengetahui peningkatan sikap senstif siswa terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa dikatakan meningkat dalam kategori tinggi berdassarkan penghitungan gain menunjukan angka 0,7 sedangkan sikap sensitif terhadap lingkungan siswa meningkat dalam kategori tinggi juga berdasarkan penghitungan gain menunjukan angak 0,6. Berdasarkan uji pengaruh yang dilaksanakan dengan penghitungan effect size menunjukan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil penghitungan sebesar 5,2. Penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) juga memberikan pengaruh yang kuat terhadap sikap sensitif terhadap lingkungan siswa, dengan hasil perhitungan sebesar 4,5.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...