JESA
Vol 5 No 1 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

Penerapan Modifikasi Permainan Sepak Bola dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Kober Panca Bakti Desa Nagrak Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang

Yati Rohayati (STKIP Sebelas April)
Riska Aprilianti (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan dalam kemampuan keterampilan motorik kasar yang dialami anak kelompok B Kober Panca Bakti Kecamatan Buahdua. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil tentang peningkatan keterampilan motorik kasar anak melalui modifikasi permainan sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian observasi dan lembar penilaian unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa anak terlihat antusias dan senang ketika mengikuti proses pembelajaran, dikarenakan media yang menarik dan aturan permainan yang mudah diterima anak dalam modifikasi permainan sepak bola. Perolehan hasil pada siklus I memperoleh hasil tes unjuk kerja mengenai keterampilan motorik kasar sebesar 20%. Pada siklus II memperoleh hasil keterampilan motorik kasar sebesar 50%, dan pada siklus III memperoleh hasil sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai rencana dan modifikasi permainan sepak bola dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan kategori baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...