Journal of Biology Learning
Vol 3, No 1 (2021): March 2021

Analisis penggunaan aplikasi whatsapp terhadap pembelajaran daring (studi kasus mahasiswa pendidikan biologi FKIP UM parepare)

Nurul Latifah Thahir (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Patahuddin Patahuddin (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Jusmiati Jafar (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Amri Amri (Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran online mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2017 yang masih aktif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kategorisasi penggunaan aplikasi WhatsApp dan pembelajaran online mata pelajaran Biologi angkatan 2017 berada pada kategori sangat tinggi. Ada hubungan yang kuat (nilai sig (p) 0,000) penggunaan aplikasi WhatsApp terhadap pembelajaran online mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbl

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Biology Learning with registered number ISSN 2623-2243 (Print), 2623 – 1476 (Online), managed by Biology Education of Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, published by Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. This journal ...