Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan komponen strategi pemasaran dan promosi dalam meningkatkan penjualan pada Toko Rina Brebes. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan komponen strategi pemasaran dan promosi dalam meningkatkan penjualan pada Toko Rina Brebes. Obyek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha dan karyawan. Teori yang digunakan yaitu strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, targeting, positioning, diferentation. Promosi yang terdiri dari penjualan pribadi, periklanan, publikasi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat induktif. Hasil penelitian ini adalah dalam penerapan strategi pemasaran Toko Rina saat ini telah menerapkan empat komponen dalam teori strategi pemasaran yaitu segmentasi, targeting, positioning, dan diferentation. Namun penerapan strategi pemasaran Toko Rina saat ini belum optimal pada komponen segmentasi dan targeting, sehingga belum mampu menimgkatkan penjualan. Penerapan promosi Toko Rina saat ini telah menerapkan lima cara dalam teori promosi yaitu penjualan pribadi (personal selling), periklanan (advertising), publikasi (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations). Namun penerapan promosi Toko Rina saat ini belum optimal pada cara promosi penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations) sehingga belum mampu meningkatkan penjualan.
Copyrights © 2021